Home

 

Energi terbarukan menjadi salah satu solusi penyediaan listrik masa depan. Berbagai pembangkit listrik yang memanfaatkan energi yang disediakan alam menyediakan sumber daya yang tidak akan habis sekaligus ramah lingkungan.

Pembangkit listrik bertenaga angin dan surya mulai dibangun oleh Kementrian Riset dan Teknologi RI di pantai selatan Bantul, Yogyakarta pada Juni tahun lalu. Tepatnya di Pantai Pandansimo Baru, Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul. Dan mulai bulan Maret 2011, seluruh fungsi pembangkit listrik telah berjalan meski belum maksimal.

Dengan bimbingan teknis dari LAPAN bekerja sama dengan masyarakat sekitar, 33 turbin angin dan 170 panel surya telah beroperasi. Seluruh sistem pembangkit tersebut mampu menghasilkan listrik sebesar 77 kW.

Dengan dukungan Pemda Bantul dan Universitas Gadjah Mada, pembangkit listrik hibrida yang diklaim sebagai yang terbesar di Indonesia ini dimanfaatkan untuk sektor pariwisata, pertanian, dan perikanan yang dikembangkan oleh masyarakat.

Sebagian energi listrik yang dihasilkan digunakan untuk produksi es balok. Masyarakat tepi pantai yang berprofesi sebagai nelayan memanfaatkan es untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan. Sedangkan bagi petani, energi listrik dipergunakan untuk mensuplai listrik pompa air sebagai alat pengairan pertanian lahan pasir. Para petani udang galah membutuhkan listrik 24 jam untuk menyalakan blower  kolam agar udang tidak mati. Perikanan air tawar warga juga memanfaatkan listrik untuk sirkulasi air.

Dengan adanya Sistem Konversi Energi Angin dan Surya (SKEAS) diharapkan Dusun Ngentak dapat menjadi percontohan untuk Desa Mandiri Energi. Listrik yang memanfaatkan energi terbarukan berfungsi untuk menunjang ekonomi masyarakat yang berbasis iptek. Hal ini juga bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat tentang peran iptek dalam kehidupan modern.

Indonesia yang memiliki wilayah berupa kepulauan tentunya memiliki sumber daya angin yang tidak terbatas di sepanjang garis pantai. Sinar matahari sepanjang tahun menjadi potensi energi listrik yang seolah tak akan habis. Energi listrik terbarukan menjadi solusi dari PLTU berbahan bakar fosil yang cenderung mencemari lingkungan serta PLTN yang masih memunculkan penolakan dari sebagian masyarakat dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s