Home

Karang Taruna Poncosari 1

Kelompok Kerja Eduwisata Energi Terbarukan adalah bagian dari organisasi pemuda Karang Taruna Desa Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Program kerja dari Kelompok Kerja (Pokja) adalah melakukan sosialisasi tentang Energi Baru Terbarukan dan edukasi tentang lingkungan dalam format paket wisata. Wilayah kerja Pokja Eduwisata Energi Terbarukan berada di Pantai Baru, Dusun Ngentak, Poncosari di mana terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid berupa kincir angin dan panel surya.

Program Energi Baru Terbarukan secara berkelanjutan telah menjadi agenda nasional dan internasional. Pemerintah saat ini telah menyusun kebijakan nasional pengembangan energi terbarukan dengan visi terwujudnya penyediaan pemanfaatan energi yang efisien, bersih,  handal dan harga yang terjangkau dalam kerangka pembangunan berkelanjutan. Sayangnya,   aspek partisipasi rakyat hanya sekedar agar terkesan populis (diletakkan pada misi terakhir, dan rakyat hanya sebagai user).
Dengan kenyataan tersebut partisipasi masyarakat masih belum maksimal selama masih diposisikan sebagai user. Pada umumnya masyarakat hanya diposisikan sebagai ”penerima” manfaat program. Karena usia program atau proyek biasanya dibatasi waktu, maka keberlanjutan program atau proyek yang sudah diterimakan kepada masyarakat menjadi terbengkalai, tidak berkelanjutan.

Wujud partisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam pengembangan energi terbarukan meliputi banyak hal yang bersifat produktif. Tidak hanya sebatas konsumsi, melainkan juga terlibat dalam proses produksi, distribusi, dan hal lain yang bersifat teknis. Seperti, terlibat dalam penyediaan bahan baku, peralatan, modal dan tenaga kerja sehingga akan tercipta energi, dari masyarakat untuk masyarakat.
Karang Taruna sebagai salah satu organisasi yang berada di tengah-tengah masyrakat mempunyai daya tawar dalam rangka pengembangan dan sosialisasi Energi Terbarukan. Karang Taruna diharapkan dapat memberikan informasi seluas-luasnya mengenai energi terbarukan, dari proses produksi hingga manfaat ataupun keuntungannya bagi masyarakat. Tindakan nyata yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Poncosari guna mendukung sosialisasi dan pengembangan energi terbarukan di wilayah Poncosari yaitu dengan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Eduwisata Energi Terbarukan Poncosari. Kelompok Kerja terdiri dari beberapa anggota Karang Taruna Desa Poncosari.

website: http://www.eep-indonesia.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s