Home

Kompetisi Roket Uji Muatan

Kelurahan Poncosari berada di sepanjang tepian Kali Progo, Kecamatan Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Perjalanan menuju Kelurahan Poncosari dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dari pusat kota Yogyakarta. Kelurahan Poncosari terkenal akan wisata alam tepi laut berupa Pantai Pandansimo, Pantai Baru, dan Pantai Kuwaru.
Selain terkenal dengan wisata pantai, Poncosari juga terkenal sebagai lokasi percobaan teknologi energi. Pantai Pandansimo beberapa kali menjadi tuan rumah Kompetisi Roket Indonesia (KORINDO) dan Kompetisi Muatan Roket Indonesia (KOMURINDO) yang diadakakan oleh DP2PM Dirjen DIKTI bekerjasama dengan UGM, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Pemkab Bantul dan Akademi Angkatan Udara.
Kelurahan Poncosari juga menjadi lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) yang dikembangkan oleh Kementrian Riset dan Teknologi.
Selain itu, yang baru-baru ini sedang dikembangkan di Poncosari adalah teknologi biogas dari kotoran sapi.
Kemajuan aktivitas riset dan pengembangan energi di Kelurahan Poncosari sudah disaksikan oleh beberapa menteri kabinet Indonesia Bersatu antara lain Mendiknas Muhammad Nuh dan Menristek Muhammad Hatta.

Kincir_Srandakan_Hermitianta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s